Rabu, 10 Februari 2016

SUKU JEREING





SUKU JEREING

Asal mula suku jereing. Pada tahun 1750 yaitu sekitar 266 tahun yang lalu, ada seorang yang berilmu tinggi yang meminta izin kepada peri bukit penyabung untuk membangun sebuah rumah di daerah JEREING. Penunggu bukit penyabung mengizinkan dengan syarat setiap bulan muharam harus membawa sesajen ke bukit tersebut.






Ringkas cerita kek Adung membawa sesajen ke bukit penyabung dan merayakannya, tempatnya berpusat di pelangas. Ritual ini dilaksanakan setiap tahun sampai kek Adung wafat daan dilanjutkan oleh kek Weng sampai sekitar tahun 1900-an, di teruskan oleh kek Fit sampai tahun 1920-an dan dilanjutkan kek Imam sampai tahun 1945, berikutnya digantikan oleh kek Pot Sekitar tahun 1950-an, lalu diteruskan kek Deramen tahun 1966 sanpai tahun 1998. Ketua adat dipegang oleh kek Gebel. Setelah kek Gebel wafat tahun 1998 maka terhentilah upacara ritual adat yang ratusan tahun dilaksanakan.

Jadi itulah asal mula suku jereing yang menyebar luas kedaerah-daerah sekitar kecamatan simpang teritip yang terus berkembang yang dahulunya berpusat di pelangas. Dan suku jereing memiliki bahasa khas yang masih berlogat melayu juga.

0 komentar:

Posting Komentar