Rabu, 10 Februari 2016

BAGAN















BAGAN

Hai sobat semuanya,,, Ada yang sudah tau sama yang namanya bagan?...

Mungkin untuk sobat para teknik dan para nelayan sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan BAGAN,

yapp guys...

 Bagan adalah gambaran/sketsa buram untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang ingin disampaikan direalisasikan melalui gambar. Bagan ada yang berbentuk diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan batang.

Bagi para nelayan BAGAN adalah sumber mata pencarian mereka.

Seperti masyarakat Desa Teritip ini. Bagan menjadi mata pencarian pokok bagi masyarakat desa Teritip, karena sebagian besar penduduknya adalah nelayan.
Bagan adalah rumah kayu yang dibuat di tengah lautan yang dirakit dari kayu-kayu kuat yang bisa bertahan lama ditengah lautan yang dipasangi jala untuk memperangkap ikan. Sedangkan proses pembuatan bagan hanya menggunakan tali-tali tanpa menggukan paku.
Biasanya para nelayan pergi kebagan disore hari sebelum matahari terbenam dengan menggunakan kapal nelayan dan pulangnya pada pagi hari setelah fajar. Biasanya nelayan menggunakan lampu untuk penerangan untuk memancing ikan berkumpul dan merangkapnya dengan menggukan jala yang sebelumnya sudah dipasangkan didasar air, dibawah bagan tersebut dan menariknya dengan cara memutar tiang seperti pelatuk yang sudah dipasang dan dirakit dibagan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar